GMNI Karawang Kecam Perusakan Tempat Ibadah di Desa Amansari Rengasdengklok

  • Whatsapp

Karawang – Wakabid Kaderisasi dan ideologi DPC GmnI Karawang, Bung Jigas mengecam perusakan tempat ibadah jemaah HKBP di Desa Amansari Rengasdengklok, Karawang, Jawa barat beberapa waktu lalu.

Dikutip dari situs resmi PGI, Jumat, (12/11/2021), penyerangan terjadi pada bulan Oktober lalu, pemicu penyerangan diduga lantaran sekolompok warga protes rumah tersebut mengadakan peribadatan.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, tindakan main hakim sendiri tidak bisa dibenarkan dan merupakan bentuk pelanggaran hukum.

“Tindakan sekelompok orang yang main hakim sendiri merusak rumah ibadah dan harta benda milik orang lain tidak bisa dibenarkan dan jelas merupakan pelanggaran hukum,” kata Bung Jigas melalui keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Ia mengatakan, tindakan main hakim sendiri, apalagi dengan cara kekerasan, merusak rumah ibadah dan harta benda milik orang lain adalah ancaman nyata bagi kerukunan umat beragama.

Oleh karena itu, Bung Jigas menilai aparat keamanan perlu mengambil langkah dan upaya tegas untuk mencegah dan mengatasi tindakan main hakim sendiri.

“Proses secara hukum. Para pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum, demi kepastian hukum dan keadilan,” ujarnya.

Ia pun juga meminta pemerintah daerah menjalankan fungsinya untuk menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten Karawang.

Sebab, hal itu sudah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor 9 dan 8 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat.

Lanjut Bung Jhigas, dia mendorong Pemerintahan setempat untuk menjalankan fungsinya dengan baik.Sebagaimana amanat yang diberikan negara. Dia berharap sikap itu dapat dilakukan Pemkab Karawang, Agar tercipta perdamaian dan harmonitas Antar masyarakat.***/YG



Pos terkait