Jumput Bola, Enos Tepati Janji Kampanye

  • Whatsapp

OKU TIMUR – Semendawai Suku III – Bupati OKU Timur hadiri kegiatan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, dan Perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKU Timur, di Desa Taraman, kecamatan Semendawai Suku III, Selasa (12/10/2021).

Tampak masyarakat begitu antusias menyambut kegiatan sosialisasi tersebut, karena Kecamatan Semendawai Suku III cukup jauh dengan perkantoran pemda khususnya yang mau berurusan ke Dinas Dukcapil harus mamakan waktu 2,5 sampai 3 Jam perjalanan.

Dengan adanya pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sampai perekaman KTP-el di daerah ini, maka akan mempermudah akses masyarakat untuk mengurus keperluan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKU Timur H. Mursal, S.H. M.M menyampaikan “Kegiatan ini juga menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil mulai dari KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA dan lainnya.

“Dengan adanya pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sampai perekaman KTP-el di daerah ini, maka akan mempermudah akses masyarakat untuk mengurus keperluan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah dan lain sebagainya,” katanya.

Disdukcapil terus berupaya melakukan pendataan dan penertiban administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Hari ini kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa dalam pengurusan administrasi dukcapil bisa lebih mudah, dekat dan cepat.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T mengatakan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini sebelumnya terpusat di Martapura yaitu di Dinas Dukcapil, namun sekarang sudah bisa diurus ke beberapa kecamatan sebagai UPTD seperti di Gumawang dan Belitang 1.

“Diharapkan sosialisasi ini bisa tersampaikan ke semua masyarakat agar dapat mengetahui tentang UPTD pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta perekaman KTP-el ini,” tegasnya.

Menurut Enos data kependudukan itu sangatlah penting terutama KTP dimana dizamam sekarang ini KTP sangatlah vital untuk berobat hingga mendapatkan bantuan sosial. Dengan adanya jumput bola ini diharapkan kedepan seluruh masyarakat OKU Timur memiliki data kependudukan pribadi dimana masyarakat tidak perlu jauh- jauh ke kantor Disduk Capil yang jaraknya cukup jauh untuk menyuruh data kependudukan.

Di sela sela acara, dilakukan penyerahan secara simbolis KTP untuk remaja berusia 17 tahun, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan Kartu Keluarga. Masyarakat di Semendawai Suku III sangat berterima kasih atas inovasi dalam pelayanan administrasi Dukcapil tersebut.(sus)



Pos terkait