Berita

Lestarikan Budaya, Dekranasda OKU dan TP PKK OKUT Gelar Pelatihan Songket Kain Bidak Komering

OKU Timur – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Ogan Komering Ulu Timur dr. Sheila Noberta, S.pA., M.Kes., membuka pelatihan Songket Kain Lawas Bidak Khas Komering di Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka. Senin, 7 Maret 2022.

Sheila mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama Dekranasda OKU Timur dengan TP. PKK OKU Timur.

Ketua Dekranasda OKU Timur melanjutkan, tujuannya dilakukan pelatihan untuk menyelamatkan dan melestarikan kekayaan warisan leluhur yang hampir punah di abad 20.

Masih katanya, Kain Bidak Komering akan menjadi identitas Komering yang bernilai tinggi.

“Komering punya kain bidak, kain bidak ini sudah langka dan hampir punah, dahulunya kain bidak ini di zaman nenek moyang komering dipakai oleh petinggi marga” katanya.

Sheila melanjutkan, kain bidak komering ini akan di launcing oleh Ketua TP. PKK Provinsi Sumsel.

Terkait kerajinan khas daerah, Sheila mengungkapkan persoalan pemasaran, kain bidak dan angkinan terus akan dipromosikan, pada hari ulang tahun OKU Timur dan dalam setiap pameran.

Kain Bidak akan di letakkan di Griya Sriwijaya dan Griya Sebiduk Sehaluan di Dermaga Poin Palembang yang telah dibuka oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk kerajinan khas OKU Timur.

Diakhir sambutannya, Sheila menitipkan pesan agar peserta pelatihan manfaatkan kesempatan ini sebesar besarnya, karena kita punya kesempatan untuk melestarikan Kain Bidak.(**/FB_Dekranasda_OKUT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button