Muradi Sebut Sejumlah Politisi Perempuan Bakal Ramaikan Pilgub Jabar

  • Whatsapp

Bandung – Guru Besar Ilmu Pemerintahan Unpad Muradi menyebut sejumlah politisi perempuan diprediksi berpeluang meramaikan Pilgub Jabar 2024.

Beberapa nama yang berpotensi diantaranya Atalia Praratya dan Netty Prasetiyani hingga Desy Ratnasari

“Kalau Ridwan Kamil tidak maju lagi, perempuan di Pilgub Jabar berpeluang besar, termasuk istri dari pak gubernur sendiri (Atalia Pratya),” kata Muradi di Kafe Anatomi Jalan Merdeka Bandung, Kamis (18/11/2021).

Bulan Juli lalu, Indonesian Politics Research sempat melakukan survei dan muncul nama Desy Ratnasari, Nurul Arifin dan Airin Rachmi Diany.

“Survei terakhir, kita lihat apakah Bu Netty, Celica akan muncul, namanya ada tapi kecil sekali, Desember ini akan kita lihat,” ujarnya.

“Prediksi juga, Teh Desy, Nurul dan Airin, hanya tiga nama Bulan Juli kemarin,” tambahnya.

Menurutnya peluang calon perempuan di Pilgub Jabar nanti cukup besar. Namun, tergantung siapa yang nantinya akan dimunculkan ke publik.

“Kalau calonnya perempuan akan ada perubahan paradigma kritik, kasus di Kabupaten Bandung calon bupati perempuan dan dua-duanya kalah, kalau ini calonnya memungkinkan adalah perempuan semua dan punya peluang besar kita akan punya calon gubernur perempuan. Saya rasa peluangnya besar,” jelasnya.

Menurutnya saat ini sejumlah lembaga di Jabar sudah dipimpin perempuan. Sehingga, bukan tidak mungkin Jabar dipimpin perempuan nantinya.

“Memungkinkan sekali, rektor sudah ada perempuan, ITB perempuan, Unpad perempuan, calon gubernur nya juga bisa perempuan,” pungkasnya.(YG)



Pos terkait