Uang Palsu Terselip di Pembagian BLT DD Di OKU Timur

  • Whatsapp

OKU Timur – Bukannya bahagia menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah Kabupaten OKU Timur, warga Desa Rasuan kecamatan Madang Suku l kabupaten OKU Timur ini malah mendapatkan uang palsu. Didapatnya uang palsu tersebut terselip diantara uang yang diterima dari BLT DD tersebut.

Sebanyak 12 KK penerima BLT itu, namun tiga diantaranya mendapatkan uang palsu. Saat dikonfirmasi Kepala Desa Rasuan Agus Sailan (52) membenarkan beredarnya uang palsu saat pembagian BLT di desanya.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, dari tiga orang warganya yang menerima uang palsu tersebut sudah melapor. “Masing-masing KK mendapatkan BLT DD 900 ribu, namun ada tiga warga yang melaporkan bahwa mereka menerima uang palsu,” kata Agus, Jumat (3/9/2021).

Dijelaskan Agus, untuk satu orang warganya mendapatkan uang Rp 900 ribu dari bantuan itu, namun karena terselip uang palsu Rp 100 ribu diantaranya, akhirnya tiga orang warganya hanya mendapatkan Rp 800 ribu.

“Iya jadi tiga orang itu hanya menerima Rp 800 ribu, sedangkan Rp 100 ribu yang masing-masing mereka terima itu palsu. Jadi totalnya Rp 300 ribu uang palsu,” ujarnya.

Agus menambahkan, orang yang pertama kali mengambil uang tersebut dari Bank Sumsel Babel di Tulus Ayu ialah bendahara desa pada Senin (30/8/) dengan total 10,8 juta. Setelah uang itu diambil oleh bendahara desa, keesokan harinya uang tersebut dibagikan kepada para penerima BLT DD.

“Saat itu saya juga ikut membagikan, disaksikan langsung oleh Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa dan Bendahara Desa,” ujarnya.

Salah satu penerima BLT DD Samsul mengungkapkan, ia pertama kali mencurigai bahwa satu uang yang ia terima palsu karena memiliki perbedaan.

“Yang anehnya uang itu saat dilipat timbul garis putih, setelah itu kami melaporkan hal itu ke Kadus dan Kades. Kemudian kami diarahkan untuk melapor ke Polsek Madang Suku I dan sekarang uang itu sudah diamankan oleh anggota Polsek,” tutupnya.(adr)



Pos terkait